Jumat, 03 April 2015

Al-Burhan dalam Ilmu Mantik

Al-Burha>n

Al-Burha>n yaitu suatu yang tersusun dari muqadimah yaqiniyah untuk tujuan menyakinkan. Contoh: empat: bilangan genap, lima: bilangan ganjil.
Qadiyah yaki>niyah dibagi menjadi dua yaitu
 1) Qadiyah Dharuriyah (ضروريات)
 2) Qadiyah Nadliriyah (نظريات)
Qadiyah dharuriyah (ضروريات) dibagi menjadi 6
1)      أوليات yaitu qadiyah yang mana akal menghukumi tanpa melihat dengan panca indra. Seperti semua lebih banyak dari sebagian. Satu adalah setelah dari dua
2)      مشاهدات yaitu qadiyah yang dapat dicari dengan panaca indra . Seperti matahari itu menerangi. Api itu membakar. Mawar itu harum baunya,madu itu manis rasanya, burung bul-bul merdu suaranya.  
3)      وجدنيات yaitu qadiyah yang hanya dapat diketahui kebenaranya lewat hati, perasaan atau batin. Seperti: lapar karena belum makan, kekhawatiran yang mengguanggu, kesuksesan itu menyenangkan. 
4)      مجربات yaitu qadiyah yang dihukumi oleh akal setelah ada penyaksian yang berulang-ulang. Seperti: Daun dapat membuat mual.
5)      حدسيات yaitu qadiyah yang dihukumi oleh akaldengan dugaan yang kuat di dalam jiwa  dan yang begunabagi pengetahuan. Seperti :bumi itu bulat.
6)      متواترات yaitu qadiyah yang dihukumi oleh akalmelalui berita dari sejumlah orang yang tidak mungkin mereka sepakat berdusta.Seperti: Mekkah itu di tanah Hijaz,Mesir itu di afrika.

Adapun  Qadiyah Nadliriyah (نظريات) yaitu qadiyah yang mana kebenaranya hanya dapat diketahui dengan akal lantaraan melihat dengan bukti-bukti dan pemikiran yang panjang. Seperti ucapacan kita: alam itu baru. Hukum barunya ala mini berdasarkan penglihatan dan bukti-bukti kongkrit, seperti kita berkata ala mini berubah, setiap yang berubah itu baru, maka kesimpulan dari qiyas tersebut adalah keyakinan, karena keyakinan  diambil dengan cara yang pasti.  Maka ketika ada susunan qiyas seperti contoh pada natijah ini disebut burhan.  

Tidak ada komentar:
Write komentar